LSM KPK RI Ungkap Dugaan KKN di PT Pertamina EP Rantau Field, Desak Investigasi Transparan

Medan | bhnewsdaily.com

Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) KPK RI menemukan indikasi kuat adanya dugaan kasus kolusi, korupsi, dan nepotisme (KKN) di PT Pertamina EP Zona 1 Rantau Field. Dugaan tersebut melibatkan Koperasi Karyawan (Kopkar) dan PT P PBP. Hal ini disampaikan oleh Ketua LSM KPK RI, Ferdinand, kepada wartawan di Medan pada Sabtu (16/6/2024).

Menurut Ferdinand, PT Pertamina EP Zona 1 harus segera menjalankan investigasi yang transparan dan menyeluruh terkait dugaan ini. “Kasus ini memiliki potensi besar untuk merusak reputasi perusahaan serta operasionalnya di wilayah tersebut,” ujar Ferdinand. Rantau Field sendiri dikenal dengan berbagai program peningkatan produksi minyak dan gas serta tanggung jawab sosial Pertamina.

Masyarakat dan LSM semakin prihatin karena PT PBP, yang diduga terlibat dalam operasional Kopkar, berbagi kantor dengan Kopkar di kompleks Pertamina. Ferdinand menyoroti kemungkinan adanya penyelewengan dan korupsi dalam pengelolaan proyek-proyek di Rantau Field, termasuk penggunaan fasilitas milik negara untuk keuntungan pribadi.

Lebih lanjut, Ferdinand mengungkapkan bahwa seorang oknum manajer Kopkar PT Pertamina EP Asset 1 Rantau Field berinisial Zkr yang juga menjabat sebagai Komisaris di PT PBP, diduga terlibat dalam praktik jual beli proyek. Hal ini memperkuat dugaan adanya praktik KKN yang melibatkan dua entitas di satu lokasi.

LSM KPK RI menekankan perlunya keterlibatan aparat penegak hukum untuk menyelidiki lebih lanjut dan mengaudit semua proyek serta pengeluaran PT Pertamina EP Zona 1, guna memastikan tidak ada praktik-praktik korupsi yang merugikan negara.

Ferdinand juga menyampaikan bahwa pihaknya telah mengutarakan permasalahan ini kepada Pertamina dalam sebuah pertemuan di Jakarta beberapa waktu lalu. Pertamina menyatakan akan mengecek kebenaran atas temuan tersebut. Namun, muncul pemberitaan di media online yang menuding LSM KPK RI telah berdamai dengan pihak Pertamina, yang berdampak negatif pada reputasi LSM tersebut.

Menanggapi pemberitaan itu, tim hukum LSM KPK RI sedang mengumpulkan data dan akan meneruskan informasi ini kepada penegak hukum untuk melakukan pengusutan secara tuntas. Diharapkan ada tindak lanjut yang tegas dan transparan untuk menjaga integritas perusahaan serta kepercayaan publik terhadap PT Pertamina EP Zona 1 Rantau Field.(*)

Related Post "LSM KPK RI Ungkap Dugaan KKN di PT Pertamina EP Rantau Field, Desak Investigasi Transparan"
Pejabat Pemkab Aceh Tenggara diduga abaikan Surat wawancara Penyidik Polrestabes Medan
Pabrik Raksasa Penghasil 60 Ton Emas di Indonesia, Ini Pemiliknya …
Gawat ! 1.000 Angoota DPR & DPRD Main Judol, Bisa Dipenjara 10 Tahun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *